...

Update Gaji Juru Parkir Marshaller Indonesia

Pekerjaan Juru Parkir Marshaller Pesawat

Marshaller -Kali ini updategajian.com akan membahas lagi posisi pekerjaan yang cukup unik, yaitu Marshaller atau juru parkir pesawat tebang. Karena banyak hal baru yang mungkin belum kita tau sebelumnya. Hal pertama yang bisa menjadi wawasan baru adalah bagaimana gambaran pekerjaan sebagai Marshaler/ juru parkir pesawat.

Sebenarnya seperti apa gambaran pekerjaan seorang juru parkir Marshaller pesawat?

Menurut Kementerian Perhubungan RI, fungsi marshaller setidaknya mencakup 3 hal:

– memastikan landasan pacu steril dan aman untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
– membantu memastikan agar pesawat terparkir sempurna.
– menjaga ketertiban dan kerapian di landasan pacu.

Untuk mewujudkan 3 hal tersebut, maka marshaller perlu melakukan prosedur berikut saat akan membantu memarkirkan pesawat.

– Marshaller menaiki kendaraan “Follow Me Car” agar mudah terlihat, lalu mendekat ke arah pesawat. Dari taxiway(jalan penghubung bagi pesawat), marshaller mengarahkan pesawat untuk mengikuti ke arah apron (tempat parkir pesawat).

Ketika berada di area ramp, marshaller turun dari kendaraan dan memberikan isyarat tangan. Selanjutnya, marshaller memberikan aba-aba atau petunjuk dalam bentuk sinyal visual untuk mengarahkan di mana titik pemberhentian pesawat.

Marshaler Pesawat Profesi Yang Cukup Menjanjikan

Bidang pekerjaan sebagai seorang marshaller memang belum begitu dikenal jauh di tengah masyarakat. Akan tetapi, siapa sangka profesi seorang Marshaler pesawat ini tak kalah dengan profesi lain yang memiliki penghasilan bulanan yang relatif cukup besar.

Update Gaji Juru Parkir Marshaller Indonesia

gaji tukang parkir pesawat per tahun di Amerika Serikat berkisar mulai dari US$19.000 (paling rendah) hingga US$82.500. Nilai ini setara dengan Rp 273 juta sampai dengan Rp 1,155 milyar (kurs US$ 1 = Rp 14.000).

Rata-rata Profesi marshaller pesawat di AS menghasilkan US$ 43.861 atau setara dengan Rp 614.000.000 selama 1 tahun.

Sebagai perbandingan, di United Kingdom, Inggris, gaji seorang tukang parkir pesawat dapat mencapai minimal UK£ 16.378. Angka ini setara dengan Rp 322 juta per tahun berdasarkan kurs 1 UK£ = Rp 19.750.

Adapun penghasilan tertinggi marshaller di Inggris mencapai UK£ 62.955 dengan rerata UK£ 32.239 per tahun. Jumlah ini setara dengan Rp 1,24 miliar dan Rp 636 juta berturut-turut. (sumber)

DAFTAR LOWONGAN KERJANYA DISINI

Update Gaji Juru Parkir Marshaller di Indonesia

Jika dibandingkan, gaji seorang marshaller di Amerika Serikat dan Inggris tentu menjadi jelas bahwa besaran gajinya dapat berbeda-beda. Terlebih lagi, sulit untuk menyamakan gaji di luar negeri dengan di Indonesia.

Besaran pendapatan/ gaji profesi juru parkir marshaller pesawat ini belum mencapai angka Rp 600 juta per tahun, akan tetapi penghasilan yang didapat oleh seorang Marshelar pesawat dalam negeri relatif tetap menjanjikan.

Dari beberapa sumber yang tim updategajian.com proleh, disimpulkan bahwa profesi Marshaller  yang bertugas memandu pesawat di Indonesia memiliki penghasilanberkisar antara Rp 3.120.000 – Rp 8.940.000. Rerata besaran gajinya adalah Rp 5.880.000, angka tersebut sudah termasuk gaji pokok dan besaran tunjangan – tunjangan lainnya.

Direktur operasional Gapura Angkasa, A. Eko Novianto, mengungkapkan bahwa gaji marshaller pesawat per bulan di Indonesia menyesuaikan UMR tiap daerah. Kemudian, baru ditambah dengan tunjangan sesuai keahlian, lamanya bekerja (kenaikan berkala), juga pertimbangan lainnya.

Hal ini berarti, seorang marshaller pesawat junior dapat saja mengantongi antara Rp 4 – 6 juta per bulan.

Akan tetapi, marshaller biasanya dipekerjakan oleh maskapai atau bandara. Umumnya, jika dipekerjakan bandara, gaji menyesuaikan dengan UMR setempat. Adapun jika bekerja pada maskapai, maka biasanya besaran gajinya agak lebih besar, sekitar Rp 5-6 juta.

Jabatan Pendapatan/bln
Ramp Agent Indonesia IDR 3.120.000 – IDR 8.940.000
Juru Parkir Pesawat Junior IDR 4.000.000 – IDR 6.000.000
Juru Parkir Pesawat Perempuan Junior IDR 4.000.000 – IDR 6.000.000

3 faktor Perbedaan Gaji Marshaller Di Indonesia

Sebenarnya bukan hanya di Indonesia, hal ini berlaku dinegara manapun di dunia, ada 3 faktor yang mempengaruhi besaran gaji seorang marshaler:

  • Lokasi pekerjaan, perolehan pendapatan profesi marshaller pesawat dapat berbeda antarnegara. Di negara maju atau ekonominya besar, tentu besaran gajinya lebih tinggi daripada di negara berkembang dengan ekonomi kecil. Hal ini juga berlaku antardaerah atau provinsi di negara tersebut.
  • Brand Maskapai. Maskapai besar dengan banyak penerbangan internasional tentu menyediakan gaji yang lebih besar daripada maskapai kecil dengan mayoritas penerbangan domestik.
  • Pengalaman Kerja. Marshaller dengan jam terbang yang lebih tinggi biasanya mendapatkan satuan penghasilan yang lebih besar. Ini berkaitan dengan keahlian yang didapat dari hasil pengalaman tersebut.
    Jika Anda tertarik menjadi seorang marshaller, Anda mungkin berharap untuk bekerja di maskapai besar dengan gaji yang juga besar. Akan tetapi, maskapai besar biasanya lebih memilih tenaga yang telah berpengalaman.

Kualifikasi Profesi Marshellar

Berikut kami tim updategajian.com rangkum informasi penting bagi kawan-kawan yang berminat untuk mencoba berprofesi menjadi seorang Marshaller. Seperti apa dan apa saja kualifikasi yang harus dipenuhi, mari kita baca secara seksama informasi dibawah ini:

1. Usia

Marshaller dapat bekerja kepada bandara atau maskapai. Masing-masing pihak bisa menerapkan kebijakan yang berbeda. Umumnya, syarat usia tukang parkir pesawat adalah antara 18 – 35 tahun. Namun, ada pula yang menerapkan batasan maksimal 24 atau 28 tahun, terutama untuk rekrutan baru.

2. Tinggi Badan

Meski tidak ada ketentuan gender tertentu, namun untuk menjadi marshaller ada batasan tinggi badan tertentu. Bagi perempuan, minimal tinggi badan seorang juru parkir pesawat tidak boleh kurang dari 158-160 cm (berbeda sesuai maskapai). Adapun bagi laki-laki, minimal tinggi badan tidak boleh kurang dari 165 cm.

3. Tidak Buta Warna atau Minus
Seorang air marshaller perlu memiliki penglihatan yang sehat. Kelainan masalah penglihatan bisa menimbulkan risiko yang seharusnya tidak perlu terjadi. Buta warna sama sekali tidak boleh bagi seorang juru parkir pesawat. Adapun mata minus, maka masih bisa selama minusnya tidak terlalu besar.

4. Pendidikan
Tingkat pendidikan minimal seorang air marshaller adalah SMA/SMK. Jadi, tidak perlu memiliki ijazah sarjana untuk melamar sebagai seorang tukang parkir pesawat. Bahkan, Anda tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan penerbangan.

5. Mengantongi Lisensi Aircraft Marshalling
Kawan-kawan juga perlu mengikuti pelatihan sebagai Marshellar dan mengikuti ujian untuk mendapatkan lisensi aircraft marshalling. Lisensi atau sertifikasi ini berasal dari Badan Nasional Sertifikasi Indonesia.

Lembaga Pelatihan Marshaller

Berikut kami list beberapa lembaga yang menyediakan pelatihan profesi Marshellar dan ujian lisensi aircraft marshalling :

Lembaga Biaya Keterangan
Aircraft Marshaller ASTA Learning Centre Rp 4.500.000 proses pelatihan1 bulan, belum termasuk uji lisensi
SAS Training Centre Rp 8.500.000 proses pelatihan 1 bulan, belum termasuk uji lisensi
Jogja Flight belum ter confirmasi belum ter confirmasi
Politeknik Penerbangan Palembang belum ter confirmasi selesai dalam 15 hari, 1 angkatan  maks 10 peserta
BP3 Cicurug, Tangerang (UPT Kemenhub) Free, biaya dari pemerintah terbatas pada waktu tertentu saja

Semoga Informasi yang kami share kali ini bisa membawa manfaat. bagi yang sedang mencari pekerjaan, doa kami terpanjat semoga segera didapatkan pekerjaan yang membawa keberkahan hidup untuk kawan-kawan semua, Aamiin.

Best Regards,

Updategajian.com

Originally posted 2022-02-26 23:24:07.