Cara Mengatasi Sprei yang Mudah Luntur

Bedibedi.com – Pernahkah Anda merasa jengkel atau tertipu ketika membeli produk dari distributor sprei murah? Alasannya cukup klise memang, Anda merasa dipermainkan dengan kualitas sprei yang diberikan. Hal ini dikarenakan sprei yang telah dibeli tersebut ternyata memiliki masalah kelunturan. Ketika Anda hendak mencucinya, Anda baru menyadari bahwa beberapa pakaian pun terkena lunturannya. Kalau sudah begini, tentunya Anda merasa kecewa dan kesal bukan main.

Lalu, bagaimana bisa sebuah sprei mengalami kelunturan sebegitu parahnya? Sprei dengan kualitas printing yang murah memang menyebabkan motif yang digambar mudah menghilang begitu saja. Mau tak mau Anda akan mendapati sprei sudah berubah warna dan terlihat kusam. Kualitas printing yang rendah diguankan untuk menekan harga produksi agar bisa dilempar ke pasaran dengan harga dibawah rata-rata. Itulah mengapa Anda bisa menjumpai sprei murah dijual oleh beberapa pedagang di pasar.

Printing berkualitas rendah tersebut tidak terserap sempurna pada kain sprei yang digunakan. Hal inilah yang penyebab utama printing akan mengelupas bertahap menjadi lunturan. Tak ada begitu banyak cara untuk mengatasi kualitas grosir sprei murah yang luntur seperti ini. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan tentu dengan menjaga warna tidak cepat pudar. Selain itu, Anda pun harus menghindari sprei melunturi pakaian lainnya yang dicuci bersamaan.

Mengatasi sprei yang luntur

Setidaknya, ada beberapa cara untuk mengatasi kelunturan tersebut, yakni.

Usahakan tidak menggunakan air hangat

Kita umumnya menggunakan air hangat untuk mencuci pakaian atau bahan yang dirasa perlu. Sayangnya, tak semua pakaian tersebut membutuhkan penanganan menggunakan air hangat. Sprei salah satunya yang harus dihindari menggunakan air hangat. Jika dirasa perlu, hindari mencelupkannya lebih dari 1 menit ke dalam air hangat. Hindari pula menggunakan deterjen terlalu banyak karena deterjen bersifat panas pada bahan pakaian.

Ketika mencuci sprei yang luntur, usahakan mencampurkan terlebih dahulu deterjen ke dalam air. Dengan begini, sifat panasnya tidak begitu mempermudah pengelupasan printing pada bahan sprei. Pasalnya semakin banyak penggunaan air hangat dan deterjen, maka akan semakin mudah pula printing mengelupas. Hal tersebutlah yang membuat grosir sprei murah Anda terlihat cepat memudar.

Jangan terlalu kuat mencuci

Mencuci pakaian berbahan tertentu memang membutuhkan penangan yang sedikit lembut. Pasalnya bahan-bahan tersebut bisa saja rusak akibat penanganan yang salah. Kondisi ini berlaku pula pada sprei yang mengalami luntur parah. Anda bisa mencucinya menggunakan tangan perlahan-lahan. Hindari menggunakan sikat atau mengucek terlalu kencang, karena akan memperparah pelepasan printing dari bahan sprei.

Pisahkan dengan pakaian yang lain

Saat mencuci sprei luntur, usahakan memisahkannya dengan pakaian lainnya. Satu hal yang ditakutkan, lunturan tersebut akan mengenai pakaian lain dan mengakibatkan kerusakan warna. Tentu sangat tidak menyenangkan bukan mendapati baju Anda berubah warna seketika? Kecuali bila Anda memilih bahan sprei dengan kualitas printing yang bagus. Lain halnya jika Anda memilih sprei star sebagai sprei kesukaan berkualitas baik.