10 Fungsi Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh yang Bermanfaat

Bedibedi.com – Trend mengkonsumsi obat herbat ketika ini sudah menjamur. Banyak orang lebih menentukan obat herbal daripada mengkonsumsi obat pabrikan (Kimia). Trend ini juga diikuti dengan kesadaran orang untuk menanam banyak sekali flora obat. Penamanannya pun dilakukan hanya dengan teknik sederhana. Biasanya memakai polyback atau pipa pipa paralon yang digantung dipinggir rumah.

Fungsi dari flora obat yang mempunyai khasiat bagi penderita penyakit sanggup membantu untuk meredakan hingga mengobati penyakitnya. Banyak varian dari flora obat ini, dari umbi umbia, buah hingga dedauan. Contoh flora obat yang simpel di tanam yakni pohon sirih. Pohon ini di manfaatkan daunya yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa fungsi dari daun sirih ini, yaitu:

1. Menyembuhkan radang tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan sering dialami oleh banyak orang. Apalagi bagi seseorang yang pemalas untuk mengkonsumsi air putih dan perokok berat. Radang tenggorokan sanggup diredakan dengan daun sirih ini cukup 4-5 helai daun saja.  Caranya cukup mudah, rebus daun ini dengan 2 gelas dan tunggu hingga susut menjadi setengah gelas. Minumlah setidaknya 2-3 gelas sehari.

2. Obat luka bakar

Kulit terkena bakar baik dari memasak atau menggoreng sesuatu sering dialami bagi ibu rumah tangga. Cipratan dari minyak panas mengakibatkan luka pada tangan atau adegan yang terkena minyak tersebut. cara mengobatinya cukup siapkan 3 helai daun sirih merah dan 1 sendok madu. lalu oleskan pada kulit yang terkena minyak panas.

3. Dapat memperlancar haid

Daun sirih ini terbukti memperlihatkan dampak melancarkan haid. Terbukti banyak dari produsen obat obatan memanfaatkan daun ini sebagai materi utama dalam produksi obat herbal kemasan sebagai pelancar haid.

4. Mengatasi Keputihan

Caranya siapkan 5-10 daun sirih merah dan 1 gelas air. Kemudian rebus dan saring airnya. sehabis itu cuci dengan air hasil saringan daun sirih tadi pada tempat kewanitaan.

5. Penghilang Bau mulut

Khasiat ini bisa membantu Anda dalam mengatasi wangi mulut. Dengan merebus 10-15 daun sirih memakai 4 gelas air hingga menyusut menjadi setengah gelas. Pakailah hasil rebusan tadi bila sudah hirau taacuh untuk berkumur kumur. lakukan sehari 2 kali, maka wangi verbal akan teratasi.

6. Mengobati Penyakit sariawan

Menyembuhkan penyakit ini dibilang simpel susah. Hal itu terjadi alasannya banyak sekali varian obat penyembuh sariawan. salah satunya dengan daun sirih ini. Anda hanya perlu mengunyah 1-2 daun sirih merah selama 10 menit.

7. Mampu menghilangkan keringat berlebih

Khasiat daun sirih yang bisa mengendalikan senyawa tubuh kavicol dan estragol pada kelenjar keringat sanggup dijadikan alternatif pengobatan alami. Keringat yang banyak akan mengakibatkan wangi tubuh pada tubuh. Caranya cukup tumbu 2 lembar daun sirih, dan oleskan pada keriak Anda. Gunakan secara rutin 2x sehari

8. Mengatasi Bau badan

Rebuslah 10-15 lembar daun sirih dengan 1 sendok teh garam. Kemudian campurkan kedalam 4 gelas, didihkan hingga menjadi 2 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari.

9. Sebagai Obat pada gusi berdarah

Berkumur dengan memakai rebusan 10 daun sirih merah dengan 4 gelas sanggup membantu mengurangi darah yang keluar dari gusi. Penyakit ini cukup sering dihadapi oleh banyak orang alasannya gusi merupakan gigi utama sebagai alat pengunyah makanan. Gusi berdarah ini sangat mengganggu dalam setiap acara makan. Makan akan terasa tidak yummy dan kurang menikmati hidangan yang ada. Cobalah memakai cara ini, sebagai alternatif pengobatan alami.

10. Menyembuhkan iritasi pada mata

Kompreslah mata dengan rebusan daun sirih. Gunakan 1-2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu mendidih dan dingin. Gunakan air tersebut untuk mengompres mata atau sebagai obat tetes.

Pengobatan alternatif dengan menggunkan flora obat diatas bisa dijadikan cara sebagai perjuangan untuk menanggulangi penyakit yang diderita. Semoga kesehatan Anda bisa terjaga demi kelancaran segala acara untuk membahagiakan orang orang disekitar Anda.